Thursday, March 21, 2013

Perawatan Rambut Menggunakan Santan Kelapa

Santan berasal dari tumbuhan yang bernama latin Cocos Nucifera ini merupakan buah ter-ajaib di dunia ini. Tumbuhan yang sangat kaya akan manfaatnya, hampir seluruh bagian dari tumbuhan ini bisa dimanfaatkan, bisa disebut juga tumbuhan serbaguna. Saya salah satu orang yang mencintai tumbuhan ini. Apakah kalian juga suka sama tumbuhan ini ?
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya bersama tumbuhan ini, yaitu bagian buahnya. Seperti yang kita ketahui, buah kelapa bisa menghasilkan santan. Nah, santan ini lah yang memiliki peranan penting dalam perawatan rambut saya. Setelah rutin dan rajin melakukan perawatan menggunakan santan, kini saya mendapatkan hasil yang memuaskan.
Dulu rambut saya terlihat kusam, berketombe, kasar, dan sulit di atur. Tapi kini berbeda, rambut saya nampak lebih berkilau, ketombe pun berkurang, rambut saya kini lebih lembut dan mudah diatur.

Mau tahu bagaimana caranya ?

  1. Siapkan 100 ml (sesuaikan dengan panjangnya rambut) santan jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental. (Bukan santan instan)
  2. Tuangkan kedalam pan dan panaskan santan dalam api sedang sekitar 5-10 menit, jangan sampai mendidih apalagi pecah.
  3. Lalu, biarkan sampai hangat.
  4. Sambil menunggu, sisir rambut agar memudahkan proses perawatan dan taruh handuk disekitar punggung.
  5. Jika sudah hangat, mulailah mengaplikasikan santan pada rambut. Aplikasikan merata di kulit kepala sampai ujung rambut. 
  6. Jika sudah rata, pijat dengan ringan kepala anda, bisa juga menggunakan sisir bergigi jarang. lakukan ini sekitar 10-15 menit.
  7. Lalu bungkus rambut anda dengan shower cap, jika tidak ada bisa menggunakan handuk. Lakukan ini sekitar 15 menit.
  8. Lalu bilas hingga benar-benar bersih rambut anda dengan shampo.
  9. Lakukan ini rutin seminggu sekali, jika ingin hasilnya memuaskan. 
*jika jenis kulit kepala anda berminyak, jangan lakukan ini*

--Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat--

No comments:

Post a Comment